Senin, 05 April 2010

Apa Kabar Analis Kesehatan

Analis Kesehatan, Ahli Teknologi Laboratorium, Pranata Laboratorium Kesehatan???

Dalam era globalisasi, tuntutan standarisasi mutu pelayanan laboratorium tidak dapat dielakkan lagi. Peraturan perundang-undangan sudah mulai diarahkan kepada kesiapan seluruh profesi kesehatan dalam menyongsong era pasar bebas tersebut, termasuk tenaga kesehatan yang bekerja di laboratorium kesehatan Indonesia juga harus mampu bersaing dengan tenaga kesehatan dari negara lain yang lebih maju.

Laboratorium kesehatan adalah unit kerja yang mempunyai fungsi dan tugas pelayanan laborotorium kesehatan secara menyeluruh meliputi salah satu atau lebih bidang pelayanan yang terdiri dari bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi, imunoserologi, toksikologi, kimia lingkungan, patologi anatomi (histopatologi, sitopatologi, histokimia, imunopatologi, patologi molekuler), biologi dan fisika.

Pranata Laboratorium Kesehatan adalah seseorang yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan laboratorium kesehatan, pada laboratorium kesehatan yang pelaksanaan tugasnya meliputi kegiatan teknis operasional yang berkaitan dengan penerapan konsep atau metode operasional di bidang laboratorium kesehatan, juga berkaitan dengan pengembangan pengetahuan, penerapan konsep dan teori, ilmu dan seni untuk pemecahan masalah dan pemberian pengajaran dengan cara yang sistematis di bidang laboratorium kesehatan.

Tugas Pokok Pranata Laboratorium Kesehatan adalah melaksanakan tugas pelayanan laboratorium kesehatan meliputi bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi, imunoserologi, toksikologi, kimia lingkungan, patologi anatomi {histopatologi, sitopatologi, histokimia, imunopatologi, patologi molekuler), biologi dan fisika.

Jenjang pendidikan yang dilaksanakan untuk menjadi seorang analis kesehatan/pranata laboratorium kesehatan/ahli teknologi laboratorium kesehatan adalah : SPK-F, SMAK, D III Analis Kesehatan, D III Analis Medis, D IV Analis Kesehatan dan S1 Teknologi Laboratorium Kesehatan.

Tidak ada komentar:

Foto Kegiatan