Rabu, 02 Juni 2010

MUSYAWARAH WILAYAH V PATELKI DI YOGAYAKARTA

Yogyakarta, 25 Mei 2010
Pembangunan Kesehatan di Indonesia melibatkan semua komponen baik yang bergerak di pemerintahan maupun para stake holder nya. Visi Indonesia Sehat 2010 harus terus diwujudkan dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Keterlibatan elemen masyarakat di setiap tingkatan menjadi suatu keniscayaan bagi terwujudnya visi tersebut. Kasus – kasus yang terkait dengan status kesehatan merupakan salah satu indikator dari baik atau buruknya pengelolaan dari sistem kesehatan di Indonesia.
Keberadaan tenaga kesehatan salah satu kunci pokok bagi implementasi kebijakan pemerintah di sektor kesehatan yang melibatkan masyarakat sebagai obyek dari program pemerintah. Atas nama pemberdayaan masyarakat maka harus mampu merubah paradigma bahwa setiap kebijakan berasal dari pemerintah pusat, akan tetapi partisipasi dan peran serta langsung masyarakat merupakan pola pengembangan yang menjadi nilai lebih bagi kualitas pengelolaan sistem pemerintahan.
Tenaga Analis Kesehatan atau pranata laboratorium yang selama ini terkesan tidak berpartisipasi dalam pembangunan kesehatan masyarakat harus mampu menunjukkan peran serta nya. Bahwa sebenarnya sejak tanggal 26 April tahun 1980 para petugas laboratorium khususnya laboratorium kesehatan telah berhimpun di dalam sebuah organisasi profesi yaitu Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (PATELKI) dan pada tanggal tersebut di peringati sebagai hari lahirnya PATELKI.
Keberadaan PATELKI di Propinsi DI Yogyakarta dimulai pada 06 Mei 1994, sehingga dapat dikatakan masih berumur sangat muda sekali (13 tahun). Akan tetapi dinamika organisasi mampu berjalan sampai saat ini dibuktikan masih mampu menyelenggarakan Musyawarah Wilayah PATELKI DIY pada 21 Februari 2007 dengan menghasilkan kepengurusan periode 2007 – 2010 di Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta.
Pada tanggal 09 April 2007 Rapat Pleno DPW PATELKI DI. Yogyakarta membuat rancangan program kerja berdasarkan keputusan Muswil PATELKI dan telah diputuskan menjadi Program Kerja periode 2007 – 2010. Hasil Keputusan Musyawarah Dewan Pimpinan Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia kemudian dijabarkan pada Rakerwil. Rapat Kerja Wilayah pada tanggal 04 Juli 2007 di Hotel Ruba Graha yang diselenggarakan untuk menjaring aspirasi anggota dalam implemantasi program kerja sehingga mampu mengakomodir semua kepentingan yang akan mengembangakan PATELKI dalam proses keberlangsungan pembangunan bangsa Indonesia. yang diwujudkan dalam kegiatan pada masing-masing pembidangan.
Setelah 3 tahun melakukan pengabdian di DPW PATELKI DI Yogyakarta maka pada tanggal 25 Mei 2010, jajaran pengurus DPW PATELKI DIY melalui Musyawarah Wilayah V mempertanggungjawabkan di depan Sidang Pleno. Alhamdulillah, Laporan Pertanggungjawaban Pengurus DPW PATELKI DIY periode 2007 - 2010 dapat diterima tanpa perbaikan yang berarti. Merupakan kerja bersama dari seluruh jajaran pengurus dan DPC se Propinsi DI Yogyakarta.
Musyawarah Wilayah PATELKI DI Yogyakarta V tahun 2010 merupakan momentum yang sangat strategis bagi DPW PATELKI DIY untuk mereview misi dan strategi organisasi dalam rangka mewujudkan organisasi profesi yang mampu mewadahi anggota berlatar belakang analis kesehatan sehingga mampu bersaing baik didalam negeri maupun luar negeri. Muswil tidak hanya sekedar sebagai forum pergantian pengurus saja terutama ketua akan tetapi lebih diutamakan bagaimana kiprah organisasi semakin dibutuhkan oleh anggota. Regulasi pemerintah yang menuntut kompetensi Analis Kesehatan harus dapat mensejahterakan anggota PATELKI. Adanya kebijakan pemerintah yang berpihak pada pengembangan organisasi profesi sebagai bagian dari proses pembangunan kesehatan di propinsi DI Yogyakarta.
Terpilih kembali sebagai Ketua DPW PATELKI DI Yogyakarta periode 2010 - 2014 adalah Bapak Sigit Sulistya, S.Si. Pada hari itu juga dilakukan penjaringan pengurus untuk dapat duduk memperkuat jajaran pengurus PATELKI DIY. Profesionalisme berdasar pekerjaan dan latar belakang pendidikan menjadi hal penting bagi keberlangsungan program DPW 4 tahun kedepan. Banyak hal positif dari kepengurusan sebelumnya yang dapat dilanjutkan terutama untuk advokasi regulasi di pemerintah setempat dan memperjuangkan anggota PATELKI.
Selamat atas kepengurusan yang baru semoga kedepan lebih baik...

Tidak ada komentar:

Foto Kegiatan